Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD),didirikan  pada 
tahun 2007 Berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdiknas No: 1928/D/T/2007 . 
Program studi ini mempunyai visi menjadi program studi yang unggul dalam
 menghasilkan calon guru SD yang beretika dan mempunyai nilai- nilai 
moral, menguasi sains dan teknologi serta mengembangan inovasi  
pendidikan.
Program PGSD jenjang sarjana (SI) hadir sebagai upaya untuk 
merespon (1) tuntutan masyarakat akan adanya peningkatan kualitas 
akademik tenaga pendidik dan (2) amanat undang-undang No.14 th 2005 
tentang guru dan Dosen.
Penyelenggaraan pembelajaran Program Studi  PGSD di Universitas 
Muhammadiyah Malang, didukung oleh para Dosen yang berpengalaman dan 
berpendidikan S2 dan S3 baik dari dalam maupun luar negeri. Disamping 
itu, dalam rangka mencetak lulusan yang professional telah disiapkan 
berbagai fasilitas pendukung yang berupa Laboraorium Microteaching , 
Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Drama, Ruang 
Pembelajaran Multimedia. Program studi juga memfasilitasi laboratorium 
outdoor untuk praktek kerja mahasiswa dengan menjalin kerjasama dengan 
Pusat Studi Kependudukan dan Lingkungan (PSLK) dan Bimbingan Konseling 
(BK). Kegiatan intra maupun ekstrakurikuler mahasiswa ( antara lain 
Pramuka, KSR, Kesenian, Fotografi, Pecinta Alam, Paduan Suara, IMM, HMJ)
 diwadahi dalam  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berpusat di Student 
Center (SC) universitas. Mahasiswa baru dibekali dengan kegiatan 
Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK), dilanjutkan 
program pelatihan Aplikasi Internet. Untuk menghasilkan lulusan PGSD 
yang qualified dan mampu berkomunikasi secara internasional, maka 
mahasiswa  diwajibkan menempuh ESP (English for Specific Purpose) 
selama  1 tahun. Dengan fasilitas – fasilitas yang diberikan secara 
optimal diharapkan dapat mengantar lulusan PGSD menjadi tenaga pendidik 
yang sesuai dengan  visi dan misi PGSD yaitu, menghasilkan tenaga 
pendidik yang kompeten pada : 1).Etika dan nilai-nilai moral 2). Sains 
dan teknologi, serta 3). Inovasi Pendidikan 4) Unggul dan kompetitif 
secara nasional maupun internasional dalam bidang pendidikan SD, 
Professional dalam melakukan pembelajaran di sekolah, mengabdikan 
profesinya berdasarkan etika dan nilai-nilai moral 5).Mewujudkan diri 
sebagai program studi yang memiliki iklim akademik kondusif dan dinamis 
yang mendorong pertumbuhan kehidupan ilmiah, budaya, social, religius, 
dan memiliki sistem pengelolaan yang efektif dan efisien dalam 
melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Sumber : PGSD

 
1 komentar:
v
Posting Komentar